Welcome Myspace Comments

03/06/10

Pasang sensor mundur Toyota Avanza

Salah satu cara untuk menaikkan gengsi Toyota Avanza dengan cara murmer (murah meriah), ialah dengan memasang indikator parkir mundur.

Lampu indikatornya terletak di tengah panel dasbor sebelah bawah, antara petunjuk putaran mesin dan kecepatan.

Tapi sebelumnya perlu membeli terlebih dahulu perangkat sensor mundur yang banyak tersedia di pasar onderdil mobil. Harganya berkisar Rp 250 ribu sampai Rp 500 ribu tergantung kelengkapan fiturnya.

Letakkan sensor mundur di sisi belakang mobil. Hanya saja pada Avanza tipe G, karena telah dipasang bumper guard pada bumper, sensor diletakkan pada bumper guard.

"Kalau dipasang di bumper, sensor akan bunyi terus karena bumper guard dibaca sebagai halangan," jelas Susanto, pemilik Jayapura Motor di pasar onderdil Dutamas Fatmawati Lt.1 No.6, Jaksel. Ukur kira-kira dalam radius 50 cm dari posisi sensor mundur tidak terdapat halangan apapun yang bisa mengganggu kinerja sensor.


Gambar 1

Gambar 1


Gambar 2

Gambar 2


Gambar 3

Gambar 3


Gambar 4

Gambar 4

Bor bumper guard sebesar ukuran sensor menggunakan mata bor yang telah disediakan pada dus sensor mundur (Gbr.1).

Selanjutnya sensor langsung ditaruh pada lubang bor (Gbr.2). Lepas lampu belakang sisi kiri untuk jumper kabel sensor dengan kabel lampu mundur.

Selipkan kabel sensor pada sisi belakang bumper, kemudian samakan jalur kabel sensor dengan jalur kabel lampu belakang agar terlihat rapi. Bypass kabel lampu mundur berwarna merah dengan strip hitam dengan kabel power modul sensor (Gbr.3).

Selanjutnya pasang soket-soket sensor dan kabel power modul pada terminal yang telah disediakan di modulnya. Buka trim sebelah kiri penumpang belakang untuk memasang modul sensor mundur dan speaker peringatan (Gbr.4).

Rekatkan modul dengan cable ties agar tidak berubah posisi. Taruh speaker peringatan sensor dengan menggunakan double tape. Usahakan posisi speaker tidak terlalu ngumpet agar suaranya masih bisa terdengar sampai sisi pengemudi.

Lalu kabel warna merah sebagai power modul dijumper untuk menyalakan lampu indikator pada dasbor. Tarik kabel sepanjang sisi kiri melalui celah antara pintu tengah dan depan sampai di dasbor. Sembunyikan kabel dengan rapi melewati celah antara trim plastik pintu.

Setelah itu, lanjutkan pekerjaan di bagian panel dasbor yang telah terbuka. Pasang lampu sensor mundur di sisi belakang instrument cluster. Pasang kabel baru dari modul sensor pada terminal nomor 5 dari sebelah kiri soket.

"Sebelumnya perlu memasang relay agar arus positif modul dapat berbalik menjadi arus negatif pada instrument cluster ketika kunci kontak dinyalakan," wanti Wira lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Back Myspace Comments

TEAM